A. IDENTIFIKASI KASUS
-
Cara Menemukan Konseli
Saya
dengan konseli saya ini sudah kenal cukup lama, kebetulan hubungan pertemanan kami
cukup dekat dan rumah kami pun tidak terlalu jauh. Saya mengenalnya saat duduk
di bangku SMP, kebetulan juga konseli adik kelas saya sendiri dan saat ini pun
konseli bekerja di warnet tepat di sebelah rumah saya, karna seringnya saya
bermain di warnet saya pun bercerita tentang tugas saya kalau saya lagi butuh
konseli untuk di konseling karna ada tugas dari dosen, dan saya meminta konseli
untuk membantu mengerjakan tugas Laporan Konseling Individu tersebut.
Awalnya
konseli saya ini sedikit ragu-ragu karna takut masalahnya tersebar, tetapi
setelah saya memberikan beberapa penjelasan supaya konseli percaya terhadap
saya bahwa saya tidak akan membocorkan masalah yang terjadi pada dirinya,
akhirnya konseli saya ini percaya dan bersedia untuk saya konseling.
Tanpa berpikir panjang dan paksaan konseli saya
mau membantu dengan senang hati. Dan setelah itu saya ingin segera
mengkonseling konseli secepatnya, tetapi karena masalah waktu yang selalu
membuat kami sulit untuk bertemu akhirnya setelah sekitar 2 minggu kami
mengadakan janji untuk konseling.
-
BIODATA
Nama : Arman
(Samaran)
Tempat
dan tanggal lahir : Tarakan, 22
Desember 1998
Agama : Islam
Hobby : Volly
Cita-cita : Polisi
Umur
: 16
Sekolah : SMA (Tidak
ingin disebut sekolahnya)
Kelas
: XI
Jenis
Kelamin : Laki-laki
Kewarganegaraan : Indonesia
Suku
Bangsa : Bugis
Alamat : Kampung empat
Anak
ke- : 1 (Satu)
-
jumlah saudara laki-laki : 2 (Dua)
- jumlah
saudara perempuan : -
Status : Anak Kandung
B. IDENTIFIKASI MASALAH
-
Masalah Konseli
Masalah
konseli saya dimana rasa kurang semangatnya terhadap sekolah, dan rasa kurang
perhatian dari orang tua konseli tersebut. Penyebabnya yaitu konseli tidak bisa
mengatur waktu saat pulang jam kerja, rasa malasnya tersebut di karenakan saat
konseli pulang kerja konseli tidak langsung pulang, tetapi konseli singgah
dirumah temanya untuk bermain dan konseli selalu pulang larut malam, akhirnya
konseli selalu susah untuk bangun pagi, dampaknya konseli selalu terlambat dan
tidak masuk sekolah.
-
Secara Fisik
Dilihat
dari fisik, konseli saya ini mempunyai ciri-ciri rambut yang pendek berwarna
hitam dan lurus. Memiliki mata yang sipit, alis yang tebal, dan bulu mata yang
lentik, ia juga memiliki hidung yang pesek dan warna kulitnya putih, wajahnya
tampan dan memiliki senyum yang manis, tubuhnya yang kurus dan tinggi.
-
Secara Psikis
Secara
psikis, konseli saya mempunyai sifat yang agak keras kepala dan mudah di
pengaruhi oleh orang lain namun, di sisi lain konseli saya mempunyai sifat yang
baik hati dan tidak mudah tersinggung, ia juga seorang anak yang rajin dan
sederhana, suka menolong orang lain, anak yang aktif dan juga tidak memilih-mlih
orang untuk menjadi temannya dan mudah bergaul pada semua orang.
C. DIAGNOSIS
Berdasarkan
hasil konseling yang sudah saya lakukan terhadap konseli, saya menyimpulkan
bahwa konseli saya mempunyai masalah terhadap kurang semangatnya saat sekolah faktor-faktor
tersebut adalah:
-
Faktor Internal
1. Kurangnya
motivasi untuk belajar dan sekolah.
2. Kurangnya
disiplin dalam memanfaatkan waktu.
-
Faktor Eksternal
1. Kurangnya
perhatian orang tua terhadap anaknya.
2. Pergaulan
teman sebaya.
Menurut
dari teori (Edy Zaqeus: 2008) Rasa malas diartikan sebagai keengganan seseorang
untuk melakukan sesuatu yang seharusnya atau sebaiknya dia lakukan. Masuk dalam
keluarga besar rasa malas adalah menolak tugas, tidak disiplin, tidak tekun,
rasa sungkan, suka menunda sesuatu, mengalihkan diri dari kewajiban.
Dapat
saya simpulkan bahwa menurut dari teori (Edy Zaqeus: 2008) konseli saya ini, mempunya
sifat yang malas untuk mengatur waktu yang padat dan tidak mempunyai ketekunan
dalam bersekolah. Jadi, dampak negatifnya klien saya jadi malas bangun pagi
untuk pergi kesekolah. Dia juga malas untuk mengatur dan memanagemen waktunya
yang padat itu. Sehingga jadwal kegiatannya tidak bisa diatur.
D. PROGNOSIS
Setelah
melakukan diagnosis, maka saran dan masukkan yang akan saya berikan kepada
konseli untuk memecahkan masalah konseli, yaitu:
-
Perlunya perhatian yang lebih dari orang
tua untuk anaknya.
-
Orang tua harus membatasi waktu
bermainnya.
-
Lebih bisa menghargai dan memanfaatkan
waktu dengan sebaik-baiknya
-
Pendidikan itu sangat penting, karna
masih banyak anak di luar sana yang ingin bersekolah tetapi orang tua mereka
tidak mampu untuk membiayai mereka jadi selagi orang tua masih sanggup
membiayai kamu sekolah, belajarlah dengan rajin dan tekun buat orang tua kamu
bangga.
Beberapa
kemungkinan yang terjadi apabila konseli mengikuti saran dan masukkan yang diberikan,yaitu :
-
Konseli dapat menghargai dan
memanfaatkan waktu dengan baik.
-
Belajar lebih rajin dan tekun.
-
Dapat membuat bangga orangtua dan diri
sendiri.
Sebaliknya,
kemungkinan yang dapat terjadi jika konseli tidak mengikuti saran yang
diberikan, yaitu:
-
Konseli tidak dapat menghargai dan
memanfaatkan waktu dengan baik.
-
Konseli sering terlambat ke sekolah
-
Konseli akan menghancurkan masa depan
serta dapat mengecewakan orang tua.
E. VERBATIM ANTARA INDIVIDU
Ko : Konselor
Ki : Konseli
NO
|
Kli/Ko
|
Percakapan
|
Teknik
|
1
|
Ko
|
Assalamualaikum..
(Ketok pintu)
|
Opening
|
2
|
Ki
|
Wa’alaikumsalam,
silahkan masuk. (Persilahkan duduk)
|
|
3
|
Ko
|
Iyaa, maaf ya agak telat
datangnya soalnya tadi ada keperluan mendadak. (duduk)
|
Attending
|
4
|
Ki
|
iya
gak papa kok. (tersenyum)
|
|
5
|
Ko
|
Oh iya gimana sekolah kamu, nggak
berasa ya sebentar lagi naik kelas tiga bagaimana persiapan belajar untuk
naik kelas tiga? (Tersenyum)
|
Paraphrasing
|
6
|
Ki
|
Hmm.. sekolah ku alhamdulillah
baik cuman ya gitu-gitu aja. (Garuk-garuk kepala)
|
|
7
|
Ko
|
Jadi gini, seperti yang kita
omongin sebelumnya saya minta bantuan kamu untuk membantu saya mengerjakan
tugas konseling dari dosen saya kamu bersediakan?
|
Refleksi
|
8
|
Ki
|
Iya
saya bersedia ngebantuin. (Tersenyum)
|
|
9
|
Ko
|
Cuman ya gitu apa, ceritain aja nggak
perlu takut dalam konseling ini menggunakan asas kerahasiaan jadi yang tahu
hal ini hanya saya dan dosen saya saja yang tahu. (Tersenyum)
|
Memudahkan/
Facilitating |
10
|
Ki
|
Jadi gini, akhir-akhir ini aku
tuh sering malas sekolah dan juga sering dimarahi orang tua. (Menundukkan
kepala)
|
|
11
|
Ko
|
Apa kamu merasa ada sesuatu yang
ingin kita bahas disini lebih jauh kira-kira penyebab kamu di marahi sama
orang tua kamu?
|
Opened Question
|
12
|
Ki
|
Ya akhir-akhir ini aku sering
terlambat sekolah alpa sudah enam di sekolah soalnya, selain sekolah saya
kerja di warnet dari jam 4 sore sampe jam 10 malam. (Mengangkat kepala)
|
|
13
|
Ko
|
Hmm.. (Menganggukan kepala) terus
|
Minimal Encouragement/ Dorongan
minimal
|
14
|
Ki
|
Kadang kalo pulang juga saya
nggak langsung pulang biasa ngumpul dulu dirumah temen sebentar, maklum anak laki (Tersipu malu)
biasanya kalo pagi aku suka di bangunin sama orang tua. (Pegang rambut)
|
|
15
|
Ko
|
Hmm.. saya yakin kamu akan
berbicara apa adanya karna saya akan mendengarkan sebaik-sebaiknya. Oh ya,
jadi kamu kalo nggak di bangunin kamu suka telat sekolah ya?
|
Eksplorasi Pikiran
|
16
|
Ki
|
Nggak juga sih kadang suka bangun
sendiri kan kalo lambat datang gerbangnya di tutup jadi udah ndak boleh masuk
mau ndak mau pulang lagi ke rumah dari pada keluyuran ndak jelas jadi karena
sering lambat orang tua di panggil lah ke sekolah mamaku heh orang tua atau
mama juga sering marah lah. (Wajah Kesal)
|
|
17
|
Ko
|
Maaf sebelumnya bisa nggak kamu
coba contohin orang tua kamu marah seperti apa.
|
Directing/ Mengarahkan
|
18
|
Ki
|
Ya, seperti biasa kena omel heh
(Mata melihat ke kanan atas) contohnya tuh kamu nih sekolah datang, datang
lambat terus kalo pulang dari warnet bukan langsung pulang coba pulang kah
nggak usah keluyuran jadi nggak lambat sekolah ya banyak lah gitu–gitu lah
dia marah. (Kesal)
|
|
19
|
Ko
|
Kayaknya kamu merasa jengkel
sekali ya di marahi seperti itu.
|
Refleksi Perasaan
|
20
|
Ki
|
Hm.. yaa jengkel banget lah sudah
capek ya kita butuh refresing lah. (Mengangkat kaki)
|
|
21
|
Ko
|
Hmm.. iya saya merasakan apa yang
kamu rasain saat ini.
|
Empati
|
22
|
Ki
|
heh. Aku, akunya o akunya yang
memang salah sih ehh suka lambat ke
sekolah. (Memegang jari tangan)
|
|
23
|
Ko
|
Dari yang kamu ceritakan tadi
karna kamu sering terlambat sekolah mungkin kamu merasa jengkel di marahi sama
mama kamu seperti itu.
|
Eksplorasi Pengalaman
|
24
|
Ki
|
Iya awalnya sih jengkel tapi
karna saya eh masih butuh orang tua juga jadi saya mau, mau ndak mau harus
terimalah. (Menundukkan kepala)
|
|
25
|
Ko
|
Maaf sebelumnya kamu bilang nggak
papa tapi raut dari wajah kamu kok nggak nunjukkin seperti yang kamu ungkapin
|
Konfrontsi
|
26
|
Ki
|
Jadi mau gimana lagi bingung juga
lah (Garuk-garuk pipi)
|
|
27
|
Ko
|
Mungkin mama kamu marah itu karna
supaya kamu ingat waktu kalo pulang kerja langsung pulang jadi kalau pagi
kamu nggak lambat terus.
|
Diagnosis
|
28
|
Ki
|
Bangun paginya itu yang susah. (Wajah
datar)
|
|
29
|
Ko
|
Mungkin bisa sedikit kamu
ceritakan tentang perasaan kamu ketika orang tua kamu dipanggil ke sekolah?
|
Konfrontsi
|
30
|
Ki
|
Yaa takut dimarahi apalagi kalo
sampe eh orang tua yang laki-laki tahu kalo sering lambat sekolah ya bisa
tambah-tambah lagi di omelin panas lagi telinga saya. (pegang korek api)
|
|
31
|
Ko
|
Jadi bapak kamu selama ini nggak tahu
kalo kamu sering lambat?
|
Refleksi Pikiran
|
32
|
Ki
|
Hmm.. Nggak pernah tahu lah dan
dia juga kalo masalah sekolah buat saya tuh rasanya belum pernah ngurus lah
jadi selama ini cuma ibu aja yang ngurus.
|
|
33
|
Ko
|
Hmm.. emang awalnya kalo bangun
pagi itu susah tapi kalo kamu mengatur jadwal keseharianmu dengan baik,
bangun pasti nggak sesusah yang kamu alamin sekarang
|
Dukungan
|
34
|
Ki
|
Duhh hehh.. semoga lah saya bisa
lah
|
|
35
|
Ko
|
Yaa misalnya kalo pulang kerja
langsung pulang pasti nggak lambat lagi
|
Merencanakan /Planning
|
36
|
Ki
|
Hmm.. nggak juga lah kalo saya
lagi capek betul badan sakit semua ya pasti mau biar di bangunin atau mau tidur
cepat pasti tetap juga lambat.
|
|
37
|
Ko
|
Hmm.. jadi setelah kita melakukan
konseling ini apa yang kamu lakukan?
|
Fokus
|
38
|
Ki
|
Ya hm.. mencobalah agar bisa
lebih baik dan nggak lambat lah biar orangtua nggak di panggil biar orangtua juga
nggak malu hmm saya ya berusahalah buat yang terbaik
|
|
39
|
Ko
|
Okee sukses terus ya sekolahnya
terima kasih udah ngebantu saya
|
Termination/ Conclusion
|
40
|
Ki
|
Oh ya gak papa sama-sama lah
semoga sukses juga hati-hati di jalan okee
|
Closing
|
41
|
Ko
|
Okeee
|
DAFTAR PUSTAKA
MANTAP BOSKU berkunjung di blogg saya juga mohmirdanblogspot.com
BalasHapus